CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Galeri Gugatan TUN

CATATAN WALHI : BENCANA EKOLOGI 2017

Berdasarkan data Walhi Aceh di tahun 2017  terdapat 120 kali terjadi bencana alam dan kerusakan  lingkungan dengan korban jiwa sebanyak 62.487 orang dan kerugian ditaksir hingga Rp.1,5 triliun.

Bencana banjir memiliki angka terbanyak di sepanjang tahun 2017 yaitu 38 kali mencapai kerugian kurang lebih Rp 219,6 miliar, kejadian lainnya yang terjadi di Aceh yaitu, Abrasi 8 kali dengan kerugian Rp 47,9 miliar, puting beliung 22 kali dengan kerugian Rp 6,6 miliar, longsor 25 kali dengan kerugian Rp 80, 5 miliar, dan gempa bumi 2 kali.

Dilanjut dengan kebakaran hutan 2 kali dengan kerugian 46,3 miliar, diserang hama 3 kali dengan kerugian 21,8 miliar, kekeringan 14 kali dengan kerugian Rp 1,1 triliun, pencemaran limbah 3 kali dengan kerugian Rp 2,2 miliar, dan wabah penyakit 3 kali dengan kerugian Rp 3,9 miliar.

Dari segi lingkungan hidup selama kurun waktu 2017, pencemaran juga disebabkan oleh kegian industri dari pabrik semen, pupuk, pabrik kelapa sawit, hingga pertambangan illegal.

Aktifitas pembangunan nasional yang juga mengancam kawasan hutan dan juga lahan warga seperti halnya proyek dan jalan tol.

Harapannya, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh Pemerintah Aceh  dalam merumuskan kebijakan pembangunan dengan mengedepankan kaidah lingkungan sehingga tidak berdampak terjadinya bencana ekologi menjadi lebih parah.

Sebagai bahan pertimbangan download Buku Catatan Akhir Tahun Walhi 2016 

Baca:  Walhi Aceh Ajukan Replik Dalam Sidang Gugatan SK. Bupati Aceh Tamiang

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi