CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Kami Tolak Tambang PT. EMM

Kantor BBTNGL akan Dipindahkan ke Aceh

BANDA ACEH – Setelah sekian lama polemik tentang keinginan pemindahan kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) yang saat ini berada di Provinsi Sumatera Utara di Jalan Selamat, No 137 Siti Rejo III Medan Amplas, Sumatera Utara akhirnya menemukan titik terang.

Baca: Walhi Laporkan Ketua DPR Aceh dan Gubernur Ke Ombudsman

Hal tersebut setelah surat yang dilayangkan oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta mendapat respon positif dari ibu Menteri, Siti Nurbaya.

“Ibu Menteri pada prinsipnya sudah setuju kalau kantor BBTNGL dipindahkan ke Aceh, oleh karena itu kita harus kawal terus bersama,” kata Prof. Bachtiar Aly yang merupakan Ketua Forbes DPR/DPD RI asal Aceh yang sangat konsern dengan permasalahan tersebut, Rabu, 12 April 2017.

Sebelumnya, Prof. Bachtiar Aly bertemu dengan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh Dr. Taqwaddin Husen di Banda Aceh pada awal Maret 2017 membicarakan hal tersebut dan meminta difasilitasi untuk mengkomunikasikan dgn Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca: Ombudsman: Menteri LHK Respon Positif Pemindahan Kantor BBTNGL ke Aceh

“Mengingat wilayah administrasi sebahagian besar wilayah Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) berada di Aceh dan beberapa hal yang lainnya, sehingga seharusnya kantor BBTNGL berada di Aceh,” ujar Dr Taqwaddin.

Pada pertemuan Multy Stakeholder dihadiri oleh pihak Eksekutif, Legislatif, Polda Aceh, LSM, dan perwakilan masyarakat yang membahas masalah petani di kaki Gunung Leuser di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada tanggal 4 Mei 2015 silam, salah satu point yang disepakati adalah pemindahan kantor BBTNGL dari Medan ke Aceh.

Taqwaddin menyebutkan, ada beberapa alasan yang memperkuat alasan kantor BBTNGL harus pindah ke Provinsi Aceh di antaranya yaitu 80% luas TNGL berada di Provinsi Aceh, sedangkan 20% berada di Sumatera Utara.

Baca:  M. Nur Kembali Terpilih Sebagai Direktur Eksekutif Walhi Aceh

“Kemudian, akan mempermudah, mempersingkat, dan mempercepat akses pelayanan administrasi bagi masyarakat Aceh, baik untuk keperluan penelitian, koordinasi, maupun kebutuhan administrasi lainnya,” katanya.

Alasan yang ketiga, sambungnya, akan mempermudah Polda Aceh menindaklanjuti kasus di TNGL, serta mempermudah Pemerintah Aceh melakukan pengawasan terkait transaksi dana untuk perlindungan, pemanfaatan dan pengelolaan secara konfrehensif dan efisien.

“Jadi menurut kami, tidak ada alasan untuk tidak dipenuhi pemindahan tersebut,” pungkasnya.(rel)

Sumber: Klikkabar.com

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi