Galeri Gugatan TUN

LSM Lapor Kasus Lingkungan Hidup ke KLHK

Banda Aceh, 23/9/2016. Walhi Aceh bersama beberapa LSM lain melaporkan kasus lingkungan hidup ke Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Pelaporan kasus ini disampaikan dalam kegiatan diskusi di sekretariat Walhi Aceh yang dihadiri oleh Bapak Amru Ikhwansyah Kasie Pengaduan KLHK, sedangkan dari unsur LSM turut hadir GeRAK Aceh, MaTA, JKMA, Jaringan Kuala, HaKA, dan Walhi Aceh.Bapak Amru Ikhwansyah selaku Kasie Pengaduan di KLHK hadir ke Aceh terkait dengan verifikasi laporan kasus yang masuk ke KLHK yang sudah dilaporkan sebelumnya oleh LSM di Aceh. Kasus sudah dilakukan verifikasi lapangan seperti kasus PT. RPPI di Aceh Utara, kasus perambahan TAHURA, dan beberapa kasus lain yang diverifikasi oleh tim yang berbeda.

Beberapa kasus yang dilaporkan  ke KLHK oleh LSM yang hadir, seperti kasus tambang illegal, kasus HTI, illegal logging, dan juga banyak kasus lingkungan hidup lain. Setelah melakukan diskusi, LSM yang hadir menyerahkan dokumen-dokumen sebagai bukti awal terkait kasus yang dilaporkan.

Secara khusus, terkait kasus PT. RPPI di Aceh Utara turut juga diserahkan alat bukti tambahan ke KLHK seperti dokumen bukti hak milik tanah (sertifikat). Kasus PT. RPPI juga merupakan kasus pertama yang dibahas dalam skema task force Pencegahan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Terpadu di Aceh.[]

pertemuan-dengan-klhk-bidang-gakkum-23-sept-2016

Baca: Task Force Pencegahan dan Penegakan Hukum LH Bedah Kasus PT. MPT dan PT. RPPI

Baca:  Publik Pertanyakan Qanun RTRW Kabupaten Aceh Selatan

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama