Galeri Gugatan TUN

Mahasiswa UIN Ar Raniry KKL di Walhi Aceh

Banda Aceh, 10/10/2016. Mahasiswa UIN Ar – Raniry Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Walhi Aceh. Kegiatan KKL ini diikuti oleh 90 orang mahasiswa, yang dibagi ke dalam dua sesi yaitu tanggal 10/10/2016 dan 11/10/2016 besok. Program KKL ini bagian dari agenda kerjasama Program Studi Sosiologi dan Agama dengan Walhi Aceh.

Kehadiran mahasiswa ke Walhi Aceh didampingi oleh dosen pengasuh mata kuliah Agama dan Ekologi, Ibu Fatimahsyam, SE, M.Si. Dampak kerusakan hutan terhadap kehidupan manusia, menjadi tema duskusi mahasiswa dengan Walhi Aceh.

Muhammad Nur, Direktur Walhi Aceh yang menjadi narasumber dalam presentasinya menyampaikan kondisi hutan secara nasional dan lokal Aceh, baik dalam bentuk statistik maupun gambaran peta perubahan kawasan. Terkait dampak kerusakan hutan, Walhi Aceh memberikan pemahaman kepada mahasiswa yang dihadapkan dengan beberapa contoh kasus kerusakan hutan di Aceh. Selain itu, Walhi Aceh juga menyampaikan langkah-langkah dan strategi Walhi Aceh dalam mencegah dan meminimalisir kerusakan hutan, baik upaya litigasi maupun nonlitigasi yang sudah dan akan dilakukan.

Dari sejumlah contoh kasus  kondisi hutan Aceh, mahasiswa mendalami diskusi terkait dampak negatif perkebunan kelapa sawit di Aceh. Mahasiswa berpendapat, komoditas kelapa sawit lebih besar dampak negatifnya terhadap lingkungan hidup. Walhi Aceh sependapat dengan itu, berdasarkan fakta, terjadinya bencana banjir disejumlah daerah di Aceh tidak terlepas dari ekspansi perkebunan kelapa sawit secara besar-besaran di Aceh saat ini.

Walhi Aceh meminta dukungan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam mengawal lingkungan hidup di Aceh, untuk semua aspek. Walhi Aceh juga membuka ruang kepada mahasiswa untuk bergabung dengan Walhi  melalui Sahabat Walhi. Pengawasan lingkungan hidup harus dilakukan secara bersama, termasuk peran aktif pemikiran positif dari mahasiswa.

Baca:  WALHI ACEH: PT SI DAN PT SCA JANGAN TIPU MASYARAKAT ACEH

Walhi Aceh membuka kesempatan bagi semua pihak untuk mendiskusikan isu lingkungan, karena salah satu peran Walhi adalah sebagai pusat pendidikan lingkungan hidup.[]

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama