Galeri Gugatan TUN

Menjaga Pohon Menghargai Kehidupan

Apa yang anda pikirkan disaat melihat foto di atas? Mungkin kita sepakat dan tentu berpendapat “pentingnya menjaga pohon”. Tanpa sengaja tiba-tiba mata aku tertuju ke sebuah pohon, dari jauh terlihat  aneh karena pohon itu tumbuh di atas lantai beton yang dilapisi keramik. Penasaran, lalu aku mendekati pohon itu dan mengajak ngobrol beberapa siswa perihal asal-muasal pohon tersebut.

Dari sekian banyak pertanyaan yang aku ajukan kepada siswa, hanya satu jawaban yang memaksakan aku kembali harus menjawab “ya” yaitu “bukankah menjaga pohon menghargai kehidupan, pak?”.

Benar! menjaga pohon adalah menghargai kehidupan. Bumi tidak hanya terciptakan kepada kita manusia, alam juga tercipta buat flora dan fauna. Yang menjadi persoalan kemudian adalah kita manusia rakus dalam memperlakukan alam, rakus dalam penguasaan ruang, sebenarnya kita merupakan khalifah Tuhan yang juga bertugas untuk menjaga alam.

Di tengah kerakusan manusia dalam memperlakukan alam, tentu foto di atas menjadi sesuatu hal yang unik dan patut menjadi sebuah pembelajaran bersama. Sudah saatnya pendidikan lingkungan hidup terformulasi ke dalam kurikulum pendidikan dasar. Sehingga melahirkan generasi-generasi “penyelamat” bukan generasi pengrusak sebagaimana yang terlihat saat ini.

Pohon dianggap menjadi penghambat sebuah pembangunan – pohon dirusak, ditebang, dan di “sulap” berbalut kepentingan pembangunan dan investasi. Contoh kasus; berapa banyak pohon yang hilang akibat pembangunan jalan, pembangunan industri, pembangunan pertokoan, pembanguan perkantoran, dan lainnya. Jika kita lihat foto di atas, mereka mampu buktikan pohon bisa diselamatkan meskipun dikelilingi oleh hamparan bangunan beton dan keramik, sebuah tugas khalifah.

Diakhir obrolan kami, aku ambil kamera mencoba untuk mengabadikan pohon tersebut. Tidak hanya siswa, dalam foto juga terlihat bapak Jalaluddin, Kadis DK3 Kota Banda Aceh, bapak Fauzi, dan bapak Leo. Meskipu aku tidak terlihat dalam foto, tapi aku bangga bisa mengabadikan pembelajaran penting bagaimana SD Negeri 1 Kota Banda Aceh menjaga pohon.

Baca:  Tambang dan Setumpuk Luka Bangsa

Apa yang dilakukan oleh sekolah dasar tersebut harus menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain, juga kantor-kantor pemerintahan. Tidak hanya itu, sudah seharunya pemerintah memberikan penghargaan kepada mereka sehingga terus termotivasi dan berpikir positif dalam menjaga lingkungan hidup.[] Nasir Buloh

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama