CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Kami Tolak Tambang PT. EMM

Task Force PPHLH Terpadu Aceh Gelar Pertemuan di Aceh Timur Terkait Limbah PKS

Aceh Timur, 21/9/2016. Task force Pencegahan dan Penegakan Hukum Lingkungan (PPHLH) Terpadu Aceh menggelar pertemuan triparti di Aceh Timur. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Camat Birem Bayeun yang dihadiri oleh tim task force (Bapedal Aceh, Walhi Aceh, LBH Banda Aceh, LSM Bytra), BLH Aceh Timur, Asisten II, unsur Muspika Kecamatan Birem Bayeun, PB HAM Aceh Timur, Geuchik, Mukim, perwakilan warga, dan perwakilan PKS PT. Anugerah Fajar Rezeki, PKS PT. Koperasi Prima Jasa, dan PKS PT. Ensem Sawita.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut laporan warga yang disampaikan kepada task force PPHLH, dan kegiatan ini juga bagian dari rekomendasi bersama tim task force dalam pertemuan bedah kasus limbah PKS pada tanggal 1/9/2016 di kantor Walhi Aceh. Baca Task Force PPHLH Bedah Kasus Pencemaran Limbah PKS di Birem Bayeun, Aceh Timur.

Dalam kegiatan ini menghasilkan kesepakatan untuk membentuk forum/komite bersama yang melibatkan unsur yaitu Pemkab Aceh Timur, Muspika, masyarakat, dan perusahaan. Forum/Komite ini bertujuan untuk menjadi forum diskusi guna mebahasan permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan perusahaan, seperti persoalan limbah, CSR, dan tenaga kerja sebagaimana keluhan masyarakat selama ini.

taskforce-pphlh-menggelar-pertemuan-triparti-di-aceh-timur-terkait-kasus-limbah-tiga-pks-_-21-sept-2016

Setelah menggelar diskusi, tim task force bersama warga yang ikut didampingi oleh BLH dan Muspika mengunjungi lokasi limbah tiga PKS yang dipermasalahkan oleh warga.

Kunjungan pertama dilakukan ke PKS PT. Koperasi Prima Jasa untuk melihat langsung pola pengelolaan limbah PKS dan memberikan pembinaan langsung.

pengarahan-di-kolam-limbah-kpj

kolam-limbah-kpj

pks-kpj

Kemudian, tim mengunjungi PKS PT. Anugerah Fajar Rezeki.

tim-taskforce-di-pt-anugerah-fajar-rezeki

kolam-limbah-pt-anugerah-fajar-rezeki

pengarahan-di-kolam-limbah-pt-anugerah-fajar-rezeki

Kunjungan terakhir ke PT. Ensem Sawita

pks-pt-ensem-sawita

kolam-limbah-pt-ensem-sawita

Baca:  Gugat Bupati Aceh Tamiang, Walhi Aceh Ajukan 39 Alat Bukti Surat

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi