Galeri Gugatan TUN

Walhi Aceh dan Prodi SA UIN Jalin Kerja Sama

Banda Aceh, 11/10/2016. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh jalin kerjasama dengan Program Studi (prodi) Sosiologi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry. Kerjasama tersebut dilaksanakan untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki oleh keduabelah pihak dalam rangka mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup dari berbagai ancaman.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Direktur Walhi Aceh Muhammad Nur dan Ketua prodi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry Muhammad Sahlan, Selasa (11/12/2016) di Kantor Walhi Aceh, Lambhuk Banda Aceh.

Direktur Walhi Aceh Muhammad Nur mengatakan, dalam rangka kampanye pelestarian lingkungan hidup, Walhi membutuhkan mitra strategis dari kalangan perguruan tinggi seperti UIN Ar Raniry, “tidak mungkin Walhi bekerja sendirian untuk isu lingkungan, diperlukan mitra strategis dari kalangan kampus”.

Menurutnya, kerjasama dengan Prodi Sosiologi Agama UIN Ar Raniry diharapkan dapat memperkuat program penelitian dan kajian berbasis isu lingkungan. Walhi tidak memiliki resource yang mumpuni dalam bidang penelitian, yang dilaksanakan selama ini lebih fokus pada kegiatan yang berbasis aksi. Karena itu, kerja sama ini diharapkan dapat mengisi bidang penelitian dan kajian.

Selain kegiatan penelitian dan kajian, Direktur Walhi juga berharap mahasiswa Prodi Sosiologi Agama yang saat ini berjumlah 370 orang dapat berpartisipasi aktif bersama Walhi dalam berbagai kegiatan pelestraian lingkungan sebagai tenaga sukarelawan.

Sementara itu Ketua Prodi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry Muhammad Sahlan, mengatakan bahwa, saat ini UIN Ar Raniry memiliki beberapa mata kuliah yang bersinggungan langsung dengan isu lingkungan seperti mata kuliah Agama dan Ekologi, mata kuliah Sosiologi Bencana serta beberapa mata kuliah lain. Menurutnya dengan adanya mata kuliah tersebut, kampus sebenarnya telah menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup.

“Kami menyadari bahwa dengan mata kuliah saja tidak cukup, perlu adanya aksi kepedulian langsung dalam berbagai bentuk untuk menjaga lingkungan dari ancaman pengrusakan,” kata Sahlan.

Baca:  Uji Materiil Qanun RTRWA, MA Tolak Permohonan Walhi Aceh

Pada kesempatan itu, mahasiswa prodi Sosiologi Agama juga diberikan materi tentang upaya melestarikan lingkungan, disampaikan langsung oleh Direktur Walhi Aceh Muhammad Nur. Mahasiswa yang hadir pada penenadatanganan tersebut merupakan mahasiswa Prodi Sosilologi Agama khususnya yang mengambil matakuliah Agama dan Ekologi. []

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama