CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Kami Tolak Tambang PT. EMM

Walhi Aceh Gagas Tim Terpadu Pencegahan dan Penegakan Hukum LH di Aceh

Banda Aceh, 12 April 2016

Walhi Aceh menggelar workshop lintas lembaga membangun kemitraan dalam pencegahan dan penegakan hukum lingkungan hidup terpadu di Aceh, yang berlangsung di Hotel OASIS pada tanggal 12 april 2016. Kegiatan inti dari workshop ini adalah melakukan tandatangan komitmen bersama terkait pencegahan dan penegakan hukum lingkungan hidup terpadu di Aceh, oleh Gubernur Aceh, Ketua DPRA, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, Walhi Aceh, LBH Banda Aceh, WWF Aceh, Koalisi NGO HAM Aceh, FFI, Gerak Aceh, dan LSM BYTRA.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh unsur Pemerintah Aceh, DPRA, Kodam Iskandar Muda, Polda Aceh, Kejati Aceh, Akademisi, LSM, dan media.

Direktur Walhi Aceh Melakukan Tandatangan Komitmen Bersama Tentang Pencegahan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Terpadu di Aceh_12 April 2016Walhi Aceh menggagas inisiatif ini atas beberapa dasar pikir seperti; adanya perintah Undang-undang terkait partisipasi publik, banyaknya kasus lingkungan hidup yang belum ditindaklanjuti dengan baik, dan karena Aceh merupakan daerah rawan bencana, sehingga pentingnya terbangun kemitraan dalam rangka pencegahan dan penegakan hukum lingkungan hidup di Aceh.

Kegiatan workshop ini di buka langsung oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah, dalam sambutannya disampaikan Pemerintah Aceh mendukung penuh terhadap inisiatif ini, termasuk dukungan penganggaran dalam menjalankan kemitraan tersebut.

CSO Aceh Melakukan Tandatangan Komitmen Bersama Tentang Pencegahan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup Terpadu di Aceh_12 April 2016 (1280x853)

Dan disesi akhir kegiatan serimonial pembukaan workshop, semua pihak yang terlibat dalam kemitraan melakukan tandatangan komitmen bersama. Diawali oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah, Irwan Johan atas nama Ketua DPRA, Irjen Pol Drs. M. Husein Hamidi Kapolda Aceh, Raja Nafrizal, S.H, MH Kajati Aceh, Muhammad Nur Direktur Walhi Aceh, Mustiqal Syahputra, SH Direktur LBH Banda Aceh, Dede Suhendra Direktur WWF Aceh, Dewa Gumay atas nama Direktur FFI, Zulfikar Muhammad Direktur Koalisi NGO HAM Aceh, Askhalani Koordinator GeRAK Aceh, dan Saifuddin Irhas Direktur BYTRA.

Baca:  Ombudsman: Menteri LHK Respon Positif Pemindahan Kantor BBTNGL ke Aceh

Dalam kegiatan workshop, Kepala Bapedal Aceh yang juga sebagai salah satu narasumber menyampaikan siap  memfasilitasi pembentukan Sekretariat Bersama (Sekber) yang terpusat di Kantor Bapedal Aceh. Selain Kepala Bapedal Aceh, juga menghadirkan tiga narasumber lainnya dari unsur Polda Aceh, Kejati Aceh, dan ICEL Jakarta.

Untuk menindaklanjuti atas komitmen bersama tersebut, paska workshop akan disiapkan sejumlah instrumen pedoman, termasuk penyusunan SOP. (Nasir Buloh)

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi