CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Kami Tolak Tambang PT. EMM

Walhi Aceh Pertanyakan Amdal Proyek BPKS

Banda Aceh. Banda Aceh (ANTARA Aceh) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia  Aceh mempertayakan izin analisis mengenai dampak lingkungan atau upaya pengelolaan lingkungan hidup terhadap sejumlah proyek yang sudah maupun sedang dikerjakan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

“Walhi Aceh menduga banyak proyek yang sudah dan sedang dikerjakan oleh BPKS Sabang tanpa  izin Amdal UKL-UPL, untuk itu Walhi Aceh mempertayakan izin amdal kepada BPKS Sabang,” kata Direktur Eksekutif Daerah Walhi Aceh M Nur di Banda Aceh, Selasa.

Direktur Eksekutif Daerah Walhi Aceh mengakui, pihaknya sudah mengajukan surat permohonan dokumen Amdal UKL-UPL dilingkungan proyek BPKS secara resmi kepada Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) Aceh pada Oktober 2016.

“Untuk memastikan dokumen izin Amdal UKL-UPL terhadap proyek BPKS di Sabang Walhi Aceh mengajukan permohonsan dokumen pekerjaan diantaranya, Reklamasi Pantai Lueng Cina (Kuta Bawah Barat), Bak Penampungan Air (Perikanan Kuta Bawah Barat), Bendungan Paya Seunara (Paya Seunara), Proyek Pembangunan Pembuatan Terminal Solar Cell (Balohan) dan Pembangunan Jalan Lingkar Balohan-Anoi Itam,” paparnya.

Lebih lanjut Nur mengutip surat Bapedal Aceh Nomor 660/1124/Amdal/2016 terkait,  Reklamasi Pantai Lueng Cina (Kuta Bawah Barat), Bak Penampungan Air (Perikanan Kuta Bawah Barat),Proyek Pembangunan Pembuatan Terminal Solar Cell (Balohan) dan Pembangunan Jalan Lingkar Balohan-Anoi Itam.

“Kesemua proyek itu Bapedal Aceh tidak menguasai dokumen Amdal tersebut, namun dokumen Amdal Danau Aneuk dan Bendungan Paya Seunara (Paya Seunara) bisa diakses pada perpustakaan Bapedal Aceh,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Nur juga mengingatkan BPKS Sabang untuk mentaati peraturan hukum tetantang lingkungan hidup yang berlaku agar sertiap pengerjaan proyek tidak ada kerusakan pada lingkungan hidup.

Sampai berita ini diturunkan, Kepala BKPS Sabang Fauzi Husin ketika dihubungi nomornya sedang tidak aktif, pesan singkat pun belum ditanggapi.

Sumber: antaranews.com

Baca:  Polling Opini Publik "Moratorium dan Review Perizinan Perkebunan Sawit di Aceh, Seberapa Pentingnya?"

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi