CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Galeri Gugatan TUN

Walhi Aceh Serahkan Draf Raqan RTRWA ke DPRA

Banda Aceh, 4/10/2016. Walhi Aceh menyerahkan draf rancangan qanun (Raqan) Aceh tentang perubahan atas Qanun Aceh Nomor 19 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh 2013 – 2033 versi masyarakat sipil kepada pimpinan DPR Aceh, Teuku Irwan Djohan.

Walhi Aceh berharap DPRA segera menginisiasi qanun RTRW Aceh untuk segera di revisi. Karena penggunaan ruang saat ini tidak sesuai lagi dengan RTRW Aceh. Selain itu, dalam qanun yang sudah ada juga masih banyak terdapat kelemahan, seperti belum terakomodir KEL, dan wilayah kelola mukim, karena KEL merupakan Kawasan Strategis Nasional. Pengaturan tentang KEL juga diamanahkan dalam UU No. 11 Tahun 2016 Tentang Pemerintah Aceh. Oleh karena itu, Walhi Aceh mendorong DPRA untuk melakukan revisi qanun RTRWA yang sudah ada.

Pimpinan DPRA, Teuku Irwan Djohan memberikan apresiasi terhadap pemikiran pisitif Walhi Aceh, ia mengatakan usulan draf raqan dari Walhi Aceh akan disampaikan ke Banleg DPRA dan juga akan berkoordinasi dengan Komisi II dan IV DPRA. Selain itu, ia juga berkomitmen agenda revisi qanun RTRWA akan dimasukan dalam Prolega tahun 2017 nanti.

Selain Walhi Aceh, kegiatan penyerahan draf raqan ini juga ikut dihadiri oleh LSM HaKA, MaTA, PUGAR, dan tim penyusun dari Walhi Aceh Bapak Mawardi Ismail dan Yarmen Dinamika.[]

Baca:  Penyidik Polres Aceh Singkil Lakukan Penganiayaan Terhadap Tersangka Pembakaran PT. ASDAL

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi