CATATAN KRITIS 2017

CATATAN KRITIS 2017

Galeri Gugatan TUN

Walhi: Kerugian Ekologi Aceh Rp 50 Miliar Lebih

* Dampak Bencana Alam

BANDA ACEH – Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh, Muhammad Nur, mengatakan bahwa Aceh mengalami kerugian ekologi mencapai Rp 50 miliar lebih dalam dua bulan terkahir akibat dari bencana alam. Menurutnya, rentannya terjadi bencana alam di Aceh diakibatkan kesalahan kebijakan Pemerintah Aceh dalam menciptakan pembangunan dengan merusak hutan.

“Bencana alam yang mendera 18 kabupaten/kota di Aceh hingga akhir November 2015 belum menunjukkan adanya pemulihan akibat bencana alam. Bencana yang terjadi di Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Singkil, Subulussalam, Aceh Utara, Aceh Timur, Gayo Lues, Bener Meriah, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Selatan, Pidie, Pidie Jaya, dan berbagai wilayah lain masih menghantui Aceh hingga akhir tahun 2015,” katanya kepada Serambi, Senin (30/11).

M Nur menjelaskan, kerugian ekologi yang diterima Aceh dihitung dari terjadinya gagal panen, kerugian asset rumah tangga, besarnya biaya pemulihan longsor, dan berbagai perhitungan akibat bencana dan pembiayaan pemulihan kawasan yang rusak akibat bencana. “Kebijakan moratorium logging, moratorium pertambangan, dan berbagai kebijakan lokal justru tidak dapat mengurangi bencana terjadi,” ujar dia.

Menurutnya, hal itu disebabkan oleh kebijakan yang dibuat belum menyentuh persoalan utama yaitu kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Parahnya lagi, pembangunan yang dilakukan saat ini hanya mengejar target APBD, sehingga aspek kajian pembangunan pengelolaan sumber daya hutan dan tata guna lahan tidak lagi diutamakan. “Kita meminta agar pemerintah memperkuat penegakan hukum dalam menjaga lingkungan tanpa diintervensi oleh kepentingan politik,” tandasnya. (mas)

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2015/12/01/walhi-kerugian-ekologi-aceh-rp-50-miliar-lebih

Telah dipublis pada tanggal 1 Desember 2015

Baca:  Warga Krueng Simpo Temui DPRA Terkait Sengketa Lahan Dengan PT. Syaukath Sejahtera

No Comments Yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komitmen Bersama

Komitmen Bersama

Hari Lingkungan Hidup Dunia

Hari Lingkungan Hidup Dunia

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi

WALHI Aceh Bersama Mahasiswa Tanam Pohon di Hari Bumi